Cahyaningrum, Apriliana and , Drs. Djaelani, SH. M.Pd. (2013) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (855kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (954kB) |
||
|
PDF (Naskah Pustaka)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf Download (390kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media balok pada anak kelompok B TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan setting TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah TK Guworejo dengan jumlah anak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulan bahwa dengan penerapan media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung dari sejumlah anak didik yang pada kondisi awal hanya 1 anak didik yang berkembang sangat baik (BSB) dalam berhitung, dan yang lain belum berkembang (BB) pada siklus I ada 6 anak didik, siklus II ada 8 anak didik, siklus III menjadi 17 anak yang kemampuan berhitungnya meningkat dengan baik. Prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak adalah sebesar 41,3 %, siklus I sebesar 66,8 % siklus II sebesar 73,3%, dan pada siklus III meningkat menjadi 84%. Dengan demikian, penggunaan media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Guworejo 2 Karang Malang Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuam berhitung, media balok. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2014 12:42 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28007 |
Actions (login required)
View Item |