Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013 / 2014

Cahyaningrum, Apriliana and , Drs. Djaelani, SH. M.Pd. (2013) Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Balok Pada Anak Kelompok B Di TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (954kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Pustaka)
02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (390kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung melalui media balok pada anak kelompok B TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan setting TK Guworejo 2 Karang Malang Kabupaten Sragen. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah TK Guworejo dengan jumlah anak 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulan bahwa dengan penerapan media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak. Hal ini ditunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung dari sejumlah anak didik yang pada kondisi awal hanya 1 anak didik yang berkembang sangat baik (BSB) dalam berhitung, dan yang lain belum berkembang (BB) pada siklus I ada 6 anak didik, siklus II ada 8 anak didik, siklus III menjadi 17 anak yang kemampuan berhitungnya meningkat dengan baik. Prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak juga mengalami peningkatan. Pada kondisi awal prosentase rata-rata kemampuan berhitung anak adalah sebesar 41,3 %, siklus I sebesar 66,8 % siklus II sebesar 73,3%, dan pada siklus III meningkat menjadi 84%. Dengan demikian, penggunaan media balok dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok B TK Guworejo 2 Karang Malang Sragen Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuam berhitung, media balok.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2014 12:42
Last Modified: 26 Oct 2021 06:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28007

Actions (login required)

View Item View Item