SETIAWAN, BENNY (2008) PENGARUH FAKTOR PERSONALITY END-USER DAN DEMOGRAFI TERHADAP KEAHLIAN END-USER COMPUTING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
B100030350.pdf Restricted to Repository staff only Download (803kB) |
||
|
PDF
B100030350.pdf Download (238kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor personality dan demografi terhadap tingkat keahlian mahasiswa dalam End User Computing. Faktor personality terdiri dari variabel computer anxiety, computer attitude, dan math anxiety sedangkan faktor demografi terdiri dari variabel umur, jenis kelamin, semester, dan pengalaman. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Muhammadiyah dari tiga jurusan sebanyak 60 responden.. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Quota Sampling, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert 5 poin. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa besarnya koefisien determinasi Ajusted R2 adalah sebesar 0,640 artinya variasi variabel keahlian mahasiswa dalam End User Computing dapat dijelaskan oleh variasi semua variabel independen sebesar 64% sedangkan sisanya sebesar 36% dijelaskan oleh variabel lain diluar model. Hasil analisis regresi pengaruh computer anxiety, computer attitude, math anxiety umur, jenis kelamin, semester, dan pengalaman terhadap tingkat keahlian mahasiswa dalam End User computing dinyatakan dengan persamaan regresi: Y = 16,397 – 0,402X1 + 0,616X2 – 0,255X3 + 0,710X4 – 0,463X5 + 0,244X6 + 1,550X7 + e Pengujian signifikansi secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel computer anxiety, computer attitude, math anxiety, umur, jenis kelamin, semester, dan pengalaman secara simultan(serempak) berpengaruh signifikan terhadap tingkat keahlian mahasiswa dalam End User Computing. Hal ini didukung nilai F hitung (14,985) > F tabel (2,25). Pengujian signifikansi secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel computer anxiety, computer attitude dan pengalaman berpengaruh signifikan terhadap tingkat keahlian mahasiswa dalam End User Computing. Hal ini didukung nilia t hitung > t tabel. Dengan demikian mendukung hipotesis yang diajukan. Sedangkan variabel yang tidak signifikan mempengaruhi keahlian EUC adalah math anxiety, umum, jenis kelamin, dan semester sehingga tidak mendukung hipotesis yang diajukan. Nilai koefisien regresi computer attitude (β2 = 0,327) adalah lebih besar dari nilai koefisien regresi variabel lainnya. Dengan demikian computer attitude atau sikap terhadap komputer mempunyai pengaruh dominan terhadap keahlian mahasiswa dalam EUC sehingga mendukung hipotesis yang diajukan. Untuk meningkatkan keahlian dalam EUC, mahasiswa disarankan untuk meningkatkan keyakinannya dan tetap bersikap positif terhadap komputer, serta terus berusaha meningkatkan pengalaman dalam menggunakan komputer.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | computer anxiety, computer attitude, math anxiety, umur, jenis kelamin, semester, pengalaman, dan keahlian End User Computing. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 17 Jun 2009 07:54 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 20:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2800 |
Actions (login required)
View Item |