Suryani, Ela and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penggunaan Teknik Dictogloss Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD N 2 Karangtalun Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Nan II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
PDF (bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
|
PDF (Dafatr Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Jurnal_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita dengan menggunakan teknik dictogloss. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SD N 2 Karangtalun yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menyimak cerita yang dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM ≥70 pada setiap siklusnya. Sebelum dilaksanakan tindakan (prasiklus) nilai rata –rata kelas 66,9 dengan persentase ketuntasan sebesar 45%, siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 72 dengan persentase ketuntasan sebesar 65% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 76,05 dengan persentase ketuntasan sebesar 75%, siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 81,4 dengan persentase sebesar 85% dan pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 84,1 dengan persentase sebesar 90%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik dictogloss dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas IV SD N 2 Karangtalun tahun 20013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teknik dictogloss, keterampilan menyimak, cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2014 11:21 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27998 |
Actions (login required)
View Item |