Analisis Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Gunung Merapi Di Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Susilo, Agus and , Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M. Si (2014) Analisis Kesiapsiagaan Masyarakat Terhadap Bencana Gunung Merapi Di Desa Dompol, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI_-_FULL.pdf

Download (252kB)

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah mengetahui efektifitas upaya kesiapsiagaan yang telah dilaksanakan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung dalam mengantisipasi bencana erupsi (meletusnya) Gunung Merapi, dan mengetahui wujud usaha dari satuan pendidikan terhadap Gunung Merapi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dilakukan dengan menggunakan survey lapangan melalui observasi, wawancara masyarakat, satuan pendidikan, dan organisasi siaga desa. Hasil data yang di dapatkan dari kesiapsiagaan masyarakat Desa Dompol, pengetahuan dan sikap setiap individu dan rumah tangga mereka sudah memahami tentang terhadap resiko bencana, kebijakan kesiapsiagaan berupa kesepakatan keluarga mengenai tempat evakuasi melakukan / berpartisipasi simulasi evakuasi, sudah menerapkan 7 komponen rencana tanggap darurat seperti rencana penyelamatan keluarga (siapa, melakukan apa), rencana evakuasi, pertolongan pertama untuk keluarga, pemenuhan kebutuhan dasar, perlengkapan dan peralatan yang sudah di siapkan, fasilitas yang sudah dimilik untuk akses dengan bencana, tersedianya sumber informasi untuk peringatan bencana dari pihak kelurahan Desa Dompol dan relawan, adanya akses untuk mendapatkan informasi bencana, kepala keluarga dapat melakukan tindakan yang tepat, serta pelatihan simulasi yang sudah dilakukan setiap anggota keluarga. Adanya anggota keluarga yang terlibat pelatihan kesiapsiagaan bencana. Hasil data yang di dapatkan dari satuan pendidikan menerapkan materi kesiapsiagaan bencana kedalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), mengadakan pelatihan simulasi 2 kali dalam satu bulan, terdapat lokasi jalur evakuasi di sekolah, terdapat akses terhadap informasi bahaya, mempunyai perlengkapan kebutuhan dasar pasca bencana, menjalin kerjasama dengan pihak – pihak terkait untuk penanggulangan bencana yang baik. Kesimpulan bahwa masyarakat dengan pengetauhan yang diterima menghasilkan mereka siap siaga dan selalu waspada jika sewaktu – waktu terjadi bencana erupsi Gunung Merapi. Dalam satuan pendidikan juga sudah siap siaga apabila sewaktu – waktu Gunung Merapi erupsi dengan wujud terdapat jalur evakuasi, dibuatnya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) kesiapsiagaan bencana, dan pelatihan siaga bencana.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, kesiapsiagaan, bencana.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 10:18
Last Modified: 18 Oct 2021 04:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27996

Actions (login required)

View Item View Item