Penggunaan Media Cartoon Picture Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014

Nafsiyah, Ikhromatun and , Dra. Sri Hartini, M.Pd (2014) Penggunaan Media Cartoon Picture Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (282kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
05._Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Meningkatkan minat belajar bahasa Indonesia melalui penggunaan media Cartoon Picture pada siswa kelas IV SD Negeri Sambiduwur 2 Tanon, Sragen tahun pelajaran 2013/2014. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian ini berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Peneleitian ini dilaksanakan di SDN Sambiduwur 2 Tanon Sragen. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV, sedangkan objeknya adalah minat belajar. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa denganmenggunakan media gambar kartun. Hal ini dapat dilihat dari ratarata minat belajar awal siswa 32,5% dengan presentase siswa yang mencapai KKM 37,0%. Pada siklus I minat belajar siswa meningkat menjadi 50,8% dan siswa yang mencapai KKM 55,6%. Siklus II minat belajar siswa mencapai 90,8% dan siswa yang mencapai KKM ada 92,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan media Cartoon Picture dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang meningkat pula.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media Cartoon Picture, minat belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Mar 2014 10:57
Last Modified: 19 Oct 2021 04:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27995

Actions (login required)

View Item View Item