Marizka, Azmi Cahya and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2014) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Benda Replika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gedongan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (622kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media benda replika pada siswa kelas V SD Negeri 1 Gedongantahun 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SD Negeri 1 Gedongan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumen. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis karangan menggunakan media benda replika di SD Negeri 1 Gedongan. Pada siklus I pertemuan ke-1 keterampilan menulis karangan pada siswa mencapai 32.35% (11 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa), mengalami peningkatan tetapi belum signifikan pada siklus I pertemuan ke-2 menjadi 50% (17 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa). Pada siklus II pertemuan ke-1 peningkatan prosentase keterampilan menulis karangan menjadi 82.35% (28 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa). Adapun peningkatan prosentase pada siklus II pertemuan ke-2 menjadi 88.23% (30 siswa yang sudah mencapai KKM dari 34 siswa). Disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media benda replika dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas VSD Negeri 1 Gedongan tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan, menulis, karangan, media, benda, replika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 04 Mar 2014 09:14 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 04:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27994 |
Actions (login required)
View Item |