Penggunaan Media Pembelajaran Visual Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V Pada Siswa SD Negeri 3 Gagaksipat Tahun Ajaran 2013/2014

Fahma, Fella Ulya and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Penggunaan Media Pembelajaran Visual Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas V Pada Siswa SD Negeri 3 Gagaksipat Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (809kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan media pembelajaran visual berbasis Macromedia Flash. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Tumbuhan Hijau. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan minat belajar yang tercermin dalam memberikan perhatian pada materi pelajaran prosentase pada prasiklus 47.61%, pada siklus I 69.04% siklus II 82.14%. Indikator yang tercermin dalam keingintahuan terhadap materi dalam proses pembelajaran yaitu prosentase prasiklus 35.71% siklus I 66.67%, dan siklus II 80.71%. Minat belajar siswa dalam sikap senang mengikuti pelajaran dari prosentase prasiklus 45.23%, siklus I 66.67%, dan siklus II 85.71%. Indikator minat dalam ketertarikan dalam mengikuti pelajaran dari prosentase prasiklus 41.67% siklus I 75%, dan siklus II 90.67%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 23.80% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan hingga siklus akhir meningkat dalam menjadi 90.47%. Kesimpulan PTK ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran visual berbasis Macromedia Flash dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD N 3 Gagaksipat, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Media Visual, Macromedia Flash
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 09:02
Last Modified: 19 Oct 2021 04:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27993

Actions (login required)

View Item View Item