Peningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Melalui Learning Starts With A Question Strategy Pada Kelas IV SD Ngadirejo 02, Reban Batang Tahun Ajaran 2013 /2014

Uzlifatul Jannah, Ani and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Peningkatkan Keaktifan Belajar Ipa Melalui Learning Starts With A Question Strategy Pada Kelas IV SD Ngadirejo 02, Reban Batang Tahun Ajaran 2013 /2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (932kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR__PUSTAKA.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_pubikasi.pdf

Download (558kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Ngadirejo 02 melalui Learning Starts With A Question Strategy. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam peneltian ini adalah Guru IV SD Ngadirejo 02 dan Siswa IV SD Ngadirejo 02 yang berjumlah 14 siswa, yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Prosedur dari Penelitian ini adalah berbentuk siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Tehnik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan keaktifan belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan belajar IPA pada pra siklus 21,43%, pada siklus I meningkat menjadi 57,14% dan pada sklus II meingkat menjadi 92,86%. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan melalui Learning Starts With A Question Strategy dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada Kelas IV SD Ngadirejo 02 Reban Batang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar, Learning Starts With A Question Strategy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 08:47
Last Modified: 19 Oct 2021 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27991

Actions (login required)

View Item View Item