Mustika, Aisyah Senja and , Drs. Muroji, S.E., M.Si., M.Pd (2014) Pengaruh Dolanan Bocah Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IV SD N Kleco 1 Pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (205kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (341kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (196kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf Download (947kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada perbedaan kecerdasan interpersonal yang signifikan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah penerapan dolanan bocah, dan mengetahui apakah ada perbedaan kecerdasan interpersonal yang signifkan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah penerapan dolanan bocah pada siswa kelas IV SD pelaksana kurikulum 2013. Jenis penelitian ini eksperimen, desain yang digunakan jenis Pretest-posttest Control Group Design. Subjek dan sampel penelitian difokuskan pada siswa kelas 4.1 dan kelas 4.2. Teknik pengumpulan data berupa selft-report dengan instrumen pengumpulan data berupa skala kecerdasan interpersonal, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji t. Hasil penelitian menggunakan uji t diperoleh tobs sebesar -0,1961 yang tidak berada pada DK = {t | t < -2,576 atau t > 2,576}. Menunjukkan dolanan bocah tidak memberikan perbedaan yang signifikan pada kecerdasan interpersonal siswa yang diberi perlakuan. Hasil analisis data menggunakan uji t pada kelompok eksperimen dan kontrol menunjukkan dolanan bocah tidak memberikan perbedaan kecerdasan interpersonal yang siginifikan antara kedua kelompok. Ditujukkan dengan tobs yaitu 0,656 yang tidak berada pada DK = {t | t < -2,576 atau t > 2,576}. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan eksperimentasi dolanan bocah tidak memberikan perbedaan kecerdasan interpersonal yang signifikan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah penerapan dolanan bocah, dan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah penerapan dolanan bocah pada siswa kelas IV SD pelaksana kurikulum 2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dolanan bocah, kecerdasan interpersonal, kurikulum 2013. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Mar 2014 08:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27990 |
Actions (login required)
View Item |