Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas Iv SD Negeri I Tempursari Klaten Tahun 2013/2014

Setiyani, Diah and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPS Kelas Iv SD Negeri I Tempursari Klaten Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
pdf_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (181kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
pdf_BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
pdf_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
pdf_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
pdf_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
pdf_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
pdf_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
pdf_LAMPIRANx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
pdf_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri I Tempursari Klaten tahun 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif interaktif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa pada akhir siklus II mencapai 80% dari kondisi awal yaitu 33,33%. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) Antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS sebesar 80% 2) siswa yang aktif dalam proses pembelajaran sebesar 80% 3) siswa yang tekun dalam mengerjakan soal adalah 86,67% 4) siswa yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif adalah 80% 5) siswa yang mampu mengerjakan soal dengan baik adalah 86,67%. Kesimpulan penelitian ini adalah strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri I Tempursari Klaten

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar siswa, everyone is a teacher here.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 06:01
Last Modified: 19 Oct 2021 02:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27978

Actions (login required)

View Item View Item