Hidayanto, Makmur and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Tambakboyo 01 Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
03._Halaman_Depan.pdf Download (991kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (68kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (214kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (935kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran )
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tambakboyo 01 pada mata pelajaran IPS Tahun 2013/2014 dengan menggunakan strategi pembelajaran guided note taking. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Tambakboyo 01 dengan jumlah siswa 20. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis deskriptif dilakukan dengan metode alur. Alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukan adanya peningkatan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran guided note taking. Hal ini dapat dilihat dari: 1)perhatian siswa pada prasiklus 50%, siklus I meningkat menjadi 65% dan siklus II meningkat menjadi 81%. 2)Ketertarikan siswa(antusias) pada prasiklus 53%, siklus I meningkat 64% dan siklus II meningkat menjadi 83%. 3)Perilaku positif siswa pada prasiklus 49%, siklus I meningkat menjadi 64% dan siklus II meningkat menjadi 81%. 4)Rasa ingin tahu siswa pada prasiklus 53%, siklus I meningkat menjadi 65% dan siklus II meningkat menjadi 81%. 5) Rasa senang mengerjakan soal pada prasiklus 56%, siklus I meningkat menjadi 68% dan siklus II meningkat menjadi 84%. Siswa yang mencapai ketuntasan harus mencapai 80% dari setiap aspek indikator yang dinilai. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada prasiklus 40% siswa sudah tuntas, siklus I meningkat menjadi 60% dan siklus II menjadi 90 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran guided note taking dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Tambakboyo 01 Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, hasil, belajar, strategi, guided note taking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2014 11:26 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27976 |
Actions (login required)
View Item |