Ardy, Kurniawan Wisnu and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Lightening The Learning Climate Bagi Siswa Kelas V SD N 01 Tawangmangu Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (57kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (811kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Lightening the Learning Climate.. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 01 Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 26 siswa.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa sehingga mengalami peningkatan pada mata pelajaran IPA pada materi Energy dan perubahanya. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan minat belajar yang tercermin dalam partisipasi aktif dalam pembelajaran pada prasiklus 34,61%, pada siklus I 55,77%, siklus II 88,46%. Minat belajar dalam memberikan perhatian pada pembelajaran dari prosentase prasiklus 37,50%, siklus I 57,69%, dan siklus II 92,30%. Minat Belajar Siswa dalam menunjukan rasa ingin tahu dari prosentase prasiklus 30,76%, siklus I 51,52%, dan siklus II 86,53%. Minat belajar siswa dalam rajin dalam belajar dari prosentase prasiklus 32,69%, siklus I 53,85%, dan siklus II 87,54%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 46,15% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 57.69% pada siklus I, dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 96,15%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Lightening the Learning Climate dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD N 01 Tawangmangu,Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat; hasil; belajar; lightening; learning; climate |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2014 11:17 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 02:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27975 |
Actions (login required)
View Item |