Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Media Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Gedongan Tahun Ajaran 2013/2014

Palianissa, Metta and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Media Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Gedongan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 01 Gedongan melalui penggunaan media teka-teki silang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Gedongan yang berjumlah sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrument penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar wawancara, RPP, dan lembar kerja siswa yang berupa lembar TTS. Teknik analisi data yang digunakan meliputi pengumpulan data, rduksi, display data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan terdapat dua kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas IV. Hasil tersebut dapat dilihat dari peningkatan aspek pada setiap siklus yang dijalankan 1) memahami suatu masalah, sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 86,67%, 2) merencanakan pemecahan masalah, sebelum dilakukan tindakan sebesar 20%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 86,67%, 3) menyelesaikan masalah, sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,67%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,3%, dan 4) melakukan pemeriksaan kembali, sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,3%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,3%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, pemecahan, masalah, media, TTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2014 09:35
Last Modified: 19 Oct 2021 02:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27971

Actions (login required)

View Item View Item