Palianissa, Metta and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Media Teka-Teki Silang Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Gedongan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (142kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (430kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN 01 Gedongan melalui penggunaan media teka-teki silang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Gedongan yang berjumlah sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrument penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi, lembar wawancara, RPP, dan lembar kerja siswa yang berupa lembar TTS. Teknik analisi data yang digunakan meliputi pengumpulan data, rduksi, display data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan terdapat dua kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa penggunaan media teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas IV. Hasil tersebut dapat dilihat dari peningkatan aspek pada setiap siklus yang dijalankan 1) memahami suatu masalah, sebelum dilakukan tindakan sebesar 26,67%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 86,67%, 2) merencanakan pemecahan masalah, sebelum dilakukan tindakan sebesar 20%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 86,67%, 3) menyelesaikan masalah, sebelum dilakukan tindakan sebesar 16,67%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,3%, dan 4) melakukan pemeriksaan kembali, sebelum dilakukan tindakan sebesar 13,3%, pada tindakan siklus II pertemuan II meningkat menjadi 83,3%
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan, pemecahan, masalah, media, TTS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 03 Mar 2014 09:35 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27971 |
Actions (login required)
View Item |