Peningkatan Kreativitas Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Information Search Pada Siswa Kelas V SDN Karanganyar 2 Demak Tahun Ajaran 2013/2014

Istiani, Farida and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Information Search Pada Siswa Kelas V SDN Karanganyar 2 Demak Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Awal.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Skripsi_Bab_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
Skripsi_Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
Skripsi_Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
Skripsi_Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] PDF (Bab V)
Skripsi_Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Information Search pada siswa kelas V SD Negeri Karanganyar 2 Demak tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V-B SD Negeri Karanganyar 2 Demak yang berjumlah 22 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah peneliti yang bertindak sebagai guru kelas V-B. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari 22 siswa yang a) Memiliki rasa ingin tahu pada pra siklus sebanyak 5 siswa(23%), akhir siklus I sebanyak 14 siswa (64%), dan akhir siklus II sebanyak 20 siswa (91%), b) Mengajukan pertanyaan yang berbobot pada pra siklus sebanyak 4 siswa (18%), akhir siklus I sebanyak 8 siswa (36%), dan akhir siklus II sebanyak 17 siswa (77%), c) Memberikan ide atau gagasan terhadap suatu masalah pada pra siklus sebanyak 4 siswa (18%), akhir siklus I sebanyak 12 siswa (55%), dan akhir siklus II sebanyak 19 siswa (86%), d) Mampu menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu pada pra siklus sebanyak 5 siswa (23%), akhir siklus I sebanyak 14 siswa (64%), dan akhir siklus II sebanyak 19 siswa (86%), e) Dapat bekerja sendiri pada pra siklus sebanyak 8 siswa (36%), akhir siklus I sebanyak 16 siswa (73%), dan akhir siklus II sebanyak 21 siswa (95%). Sedangkan hasil belajar siswa pada pra siklus nilai rata-rata IPA siswa 60,41 dengan persentase keberhasilan 41%, pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 74,81 dengan persentase keberhasilan 73%, dan pada siklus II nilai ratarata menjadi 85,18 dengan persentase keberhasilan 91%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Information Search dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V-B SD Negeri Karanganyar 2 Demak Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas belajar IPA, Information Search
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2014 08:22
Last Modified: 19 Oct 2021 02:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27966

Actions (login required)

View Item View Item