Hubungan Antara Perfeksionisme Dengan Prokrastinasi Prenyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sasmito, Rahmad Yoga and , Dra.Partini Msi,Psi (2013) Hubungan Antara Perfeksionisme Dengan Prokrastinasi Prenyusunan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (256kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa dalam masa pendidikan di perguruan tinggi mempunyai harapan untuk dapat cepat atau tepat waktu (≤ 4 tahun) dalam menyelesaikan masa kuliah, namun ketika sampai pada mengambil skripsi masih banyak mahasiswa yang kemudian tertahan untuk menyelesaikan skripsi. Salah satu indikasi atau penyebab terjadinya perilaku menunda atau prokrastinasi salah satunya adalah perfeksionisme. Perfeksionisme merupakan pola pikir yang mengacu kepada kesempurnaan tanpa cacat atau kekurangan dalam suatu pekerjaan atau tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perfeksionisme dengan prokrastinasi penyusunan skripsi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara perfeksionisme dengan penyusunan skripsi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program sarjana (S-1) Universitas Muhammadiyah Surakarta yang sedang menyusun skripsi dengan sampel diambil dari 4 program stusi Psikologi, Komunikasi dan Informatika, Teknik Industri dan Teknik Mesin. Sampel tersebut diambil dengan teknik purposiveclusterrandom sampling. Penelitian ini mengunakan 2 angket yaitu skala prokrastinasi penyusunan skripsi dan perfeksionisme atau skala sebagai alat ukur yang digunakan.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product momentdari Pearson. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari koefisien korelasi = -0,048; dengan p = 0,665 (p > 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara perfeksionisme dengan penyusunan skripsi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tingkat prokrastinasi penyusunan skripsi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta tergolong sedang dan tingkat perfeksionisme pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta tergolong tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perfeksionisme, Prokrastinasi penyusunan skripsi, Mahasiswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 28 Feb 2014 11:58
Last Modified: 28 Oct 2021 02:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27941

Actions (login required)

View Item View Item