SILVIANA, RATIH and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peranan Kegiatan Kepramukaan dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik dalam Mentaati Tata Tertib Sekolah Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri I Sawahan, Ngemplak, Boyolali Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (741kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (150kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (736kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKAS1.pdf Download (394kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan (1) Peranan kegiatan kepramukaan terhadap peningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib (2) Realita pelaksanaan kegiatan kepramukaan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib (3) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan kegiatan kepramukaan sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan peserta didik dalam mentaati tata tertib di SDN I Sawahan, Ngemplak, Boyolali. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Observasi (2) Wawancara mendalam (3) Studi dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi data dan informan review. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kegiatan kepramukaan dapat meningkatkan kedisiplinan siswa terhadap waktu, cara berpakaian, dan bertingkah laku (2) Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan yang menarik dan menantang serta menggunakan berbagai metode yang bervariasi. Kedisiplinan diajarkan melalui cara berpakaian, PBB, penyelesaian tugas tepat waktu dan pemberian hukuman yang tegas (3) Pelaksanaan kegiatan kepramukaan didukung oleh faktor internal yang meliputi minat, motivasi, kondisi fisik, dan pribadi yang dimiliki siswa. Serta faktor eksternal yang meliputi kurangnya tenaga pembina pramuka, kurang terjalinnya komunikasi yang baik antara guru kelas dengan pembina pramuka, dukungan dan perhatian dari kepala sekolah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan; kegiatan; kepramukaan; peningkatan; tata tertib |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 27 Feb 2014 11:54 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27916 |
Actions (login required)
View Item |