Khotimah, Nurul and , Drs. Sami'an, M.M (2014) Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Persepsi Siswa Mengenai Kinerja Mengajar Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N Gondangrejo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (419kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (35kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (18kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa mengenai kinerja mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N Gondangrejo tahun ajaran 2013/2014, 2) Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N Gondangrejo tahun ajaran 2013/2014, 3) Pengaruh persepsi siswa mengenai kinerja mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N Gondangrejo tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannnya diperoleh berdasarkan hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N Gondangrejo angkatan 2013/2014 yang berjumlah 203 siswa dengan sampel 130 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya angket telah diuji-cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 56,983+0,328X1+ 0,232X2 yang artinya hasil belajar mata pelajaran ekonomi dipengaruhi oleh persepsi siswa mengenai kinerja mengajar guru dan motivasi belajar siswa. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh persepsi siswa mengenai kinerja mengajar guru terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N Gondangrejo tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,768 > 1,979 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N Gondangrejo tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,754 > 1,979 (α=5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,007. 3) Ada pengaruh persepsi siswa mengenai kinerja mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA N Gondangrejo tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 13,438 > 3,068 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 62,80% dan sumbangan efektif sebesar 10,99%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 37,20% dan sumbangan efektif sebesar 6,51%. 5) Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,175, berarti 17,5% hasil belajar mata pelajaran ekonomi dipengaruhi persepsi siswa mengenai kinerja mengajar guru dan motivasi belajar siswa, sisanya sebesar 82,5 dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi, kinerja mengajar guru, motivasi belajar siswa, hasil belajar mata pelajaran ekonomi. |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 27 Feb 2014 08:10 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27905 |
Actions (login required)
View Item |