Perbedaan Aktivitas Fisik Dan Prestasi Belajar Antara Anak SD Penderita Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (Gaky) Dan Non Gaky Di SD Negeri 02 Ngargoyoso Karanganyar

Rusdiana, Linda and , Endang Nur W, S.St., M.Si.Med and , Rustiningsih, SKM., M.Kes (2014) Perbedaan Aktivitas Fisik Dan Prestasi Belajar Antara Anak SD Penderita Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (Gaky) Dan Non Gaky Di SD Negeri 02 Ngargoyoso Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI_DAN_ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

13,5 poin lebih rendah dibandingkan anak-anak di daerah non endemik GAKY. GAKY pada anak dapat menyebabkan penurunan prestasi belajar dan gangguan fungsi metabolisme sehingga aktivitas fisik menjadi berkurang. Tujuan : Mengetahui perbedaan aktivitas fisik dan prestasi belajar anak SD Penderita GAKY dan non GAKY di SD Negeri 02 Ngargoyoso Karanganyar. Metode Penelitian : Penelitian Observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel masing-masing GAKY dan non GAKY sebesar 52 siswa sesuai kriteria. Data aktivitas fisik diukur menggunakan metode Recall Aktivitas Fisik (3x24 jam). Prestasi belajar diukur menggunakan nilai UTS yang terdiri dari Matematika, Bahasa Indonesia, PKN, IPA dan IPS. Uji statistic menggunakan t-test independent. Hasil Penelitian : Karakteristik umur penderita GAKY sebagian besar berumur 10 tahun (28,86%) sedangkan non GAKY berumur 11 tahun (26,95%), jenis kelamin penderita GAKY sebagian besar perempuan (51,92%) sedangkan non GAKY adalah laki-laki (51,92%). Aktivitas fisik penderita GAKY sebagian besar ringan (82,69%) sedangkan non GAKY sebagian besar sedang (50,00%). Prestasi belajar penderita GAKY sebagian besar kurang baik (63,47%) sedangkan non GAKY prestasi belajar baik (82,47%). Perbedaan aktivitas fisik dan prestasi belajar antara anak penderita GAKY dan non GAKY memiliki nilai p berturut turut yaitu p=0,000 dan p= 0,004. Kesimpulan : Ada perbedaan antara aktivitas fisik dan prestasi belajar anak penderita GAKY dan non GAKY

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak SD, Aktivitas Fisik, GAKY, Prestasi Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Feb 2014 12:31
Last Modified: 09 Sep 2022 03:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27894

Actions (login required)

View Item View Item