Analisis Pengaruh Promotion Mix (Periklanan, Promosi Penjualan, Personal Selling) Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Sampurna Kuningan Di Juwana

Rizal, Fredian (2004) Analisis Pengaruh Promotion Mix (Periklanan, Promosi Penjualan, Personal Selling) Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Sampurna Kuningan Di Juwana. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf

Download (67kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_Iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Dapus.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)

Abstract

Berkembangnya perekonomian dewasa ini sangat dirasakan pentingnya promosi yang harus dilaksanakan secara efektif sehingga keuntungan yang diperoleh akan meningkat dan demi kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Demikian halnya dengan PT. Sampurna Kuningan Juwana dalam memasarkan hasil produksinya, mendapat persaingan dari beberapa perusahaan yang sejenis yang ada di daerah Juwana. Untuk mengatasi masalah tersebut perusahaan kuningan “Sampurna” melakukan suatu usaha dengan jalan promosi. Promosi yang dilakukan oleh perusahaan “Sampurna” tersebut tidak hanya menggunakan satu jenis promosi, tetapi perusahaan menggunakan bauran promosi (promotion mix), sehingga diharapkan hasilnya akan lebih baik. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan 1) Untuk menganalisa pengaruh promotion mix (periklanan, promosi penjualan, personal selling) terhadap volume penjualan. 2) Untuk menganalisa variabel promosi yang paling dominan berpengaruh terhadap volume penjualan. Penelitian ini mengambil lokasi pada PT. Sampurna Kuningan Juwana. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data triwulan mengenai biaya periklanan, biaya promosi penjualan, biaya personal selling dan volume penjualan selama 5 periode tahun 1998 sampai dengan tahun 2002. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji statistik (Uji t, Uji F, Koefisien Determinasi) dan uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. Ada pengaruh yang signifikan antara variabel promotion mix yang terdiri dari periklanan, promosi penjualan dan personal selling terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dengan : a. Persamaan regresi Y = -631.000.000 + 127,807X1 + 12,040X2 + 122,610X3 b. Uji F Dari perhitungan Uji F menunjukkan bahwa nilai F hitung (53,026) > F tabel (3,24) maka Ho ditolak, berarti variabel promotion mix yang teridri dari periklanan, promosi penjualan dan personal selling secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan. 2. Variabel periklanan mempunyai pengaruh paling dominan terhadap volume penjualan. Hal ini dibuktikan dari : a. Besarnya koefisien regresi variabel periklanan = 0,515 yang lebih besar dari variabel yang lain, yaitu koefisien regresi variabel promosi penjualan (β = 0,227) sedangkan koefisien regresi variabel personal selling (β = 0,331). b. Dari hasil uji t diketahui bahwa periklanan mempunyai nilai t hitung > t tabel (3,956 > 2,101) atau signifikan pada 0,001. Saran yang diajukan dalam penelitian ini : 1. Untuk membangun loyalitas terhadap merk, kegiatan periklanan yang saat ini digunakan untuk tetap dipertahankan, di mana media periklanan yang dipandang efektif saat ini adalah melalui surat kabar dan siaran radio. 2. Untuk meningkatkan volume penjualan dalam jangka pendek, perusahaan dapat meningkatkan biaya promosi penjualan melalui pemberian diskon, sampel/hadiah atau mengadakan pameran. 3. Mengingat personal selling berpengaruh terhadap volume penjualan, diharapkan perusahaan menggunakan karyawan yang telah berpengalaman dibidangnya. Di samping itu karyawan perlu diberikan insentif yang memadai, sehingga mereka dapat bekerja dengan lebih baik sesuai dengan yang ditargetkan perusahaan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: promotion mix, personal selling
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2014 07:50
Last Modified: 25 Feb 2014 08:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27868

Actions (login required)

View Item View Item