Pengaruh Metode Biblioterapi Dan Diskusi Dilema Moral Terhadap Karakter Tanggung Jawab Pada Mahasiswa Aak Nasional Surakarta

Dewi, Noviana and , Dr. Nanik Prihartanti, M.Si. (2013) Pengaruh Metode Biblioterapi Dan Diskusi Dilema Moral Terhadap Karakter Tanggung Jawab Pada Mahasiswa Aak Nasional Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (356kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (803kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode biblioterapi dan metode diskusi dilemma moral dalam meningkatkan karakter tanggung jawab pada mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 65 mahasiswa AAK Nasional Surakarta yang dibagi dalam tiga kelompok yaitu kelompok eksperimen biblioterapi, kelompok eksperimen diskusi dilemma moral, dan kelompok kontrol non perlakuan. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen pre test-post test-follow up design. Data pada penelitian eksperimen ini diperoleh dengan menggunakan skala karakter tanggung jawab dengan aspek-aspek karakter tanggung jawab yang meliputi memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri, berani menanggung resiko atas pilihan, dan memiliki kesungguhan dalam menjalankan kewajiban terhadap orang lain. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis faktor dan one way anava dengan bantuan program spss.19. Setelah dilakukan analisis faktor diperoleh hasil bahwa dimensi pembentuk karakter tanggung jawab pada mahasiswa ada lima meliputi kehati-hatian, orientasi pada tugas, keunggulan, kegigihan dan komitmen. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil bahwa metode biblioterapi dan metode diskusi dilemma moral berpengaruh terhadap peningkatan karakter tanggung jawab pada mahasiswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: karakter, tanggung jawab, biblioterapi, dilema moral, eksperimen
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2014 07:52
Last Modified: 23 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item View Item