Rahayuningsih, Sri and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Suyatmini, SE, M.Si (2013) Penanaman Kedisiplinan Siswa Di SD N Kliwonan UPT P Dan K Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (503kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
||
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (30kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
|
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Download (18kB) |
|
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (26kB) |
Abstract
Menanamkan masalah kedisiplinan pada siswa adalah tugas dari staf pengajar (guru), yang harus dimulai dari setiap guru. Guru diminta untuk dapat memberikan contoh kedisiplinan, sehingga dapat menghasilkan efek yang baik bagi lingkungan di sekelilingnya. Kedisiplinan menjadi suatu bagian yang diperlukan untuk melengkapi aktifitas belajar mengajar di sekolah. Sehubungan dengan hal ini, pokok permasalahan yang akan dikaji dalam pembelajaran ini adalah bagaimana untuk menanamkan kedisiplinan pada siswa di SD Negeri Kliwonan UPT P dan K Purworejo. Pembelajaran ini bertujuan untuk menciptakan kedisiplinan dalam aktifitas kegiatan kurikuler, menciptakan kedisiplinan dalam kegiatan kokurikuler dan menciptakan kedisiplinan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Tipe dari penelitian ini adalah kualitatif atau penelitian naturalistik dengan metode pendekatan etnografi. Data diperoleh dari kepala sekolah, para guru dan siswa sebagai informan (pemberi informasi). Pengumpulan data menggunakan wawancara dengan narasumber, observasi, dan dokumen-dokumen pendukung. Analisa menggunakan website-website dengan menggunakan model interaktif, dimana aktifitasnya meliputi 3 (tiga) komponen analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan atau validitas data menggunakan tes kredibilitas, tes yang dapat diwakilkan, tes yang terpercaya atau dapat dipertanggungjawabkan dan tes penyesuaian diri. Hasilnya menunjukkan bahwa pada kegiatan kurikuler, kedisiplinan guru dalam hal ketepatan waktu ditunjukkan dengan kedisiplinan guru dalam mematuhi waktu kegiatan pembelajaran, tepat waktu untuk memulai atau mengakhiri pelajaran di kelas. Guru memotivasi siswa untuk berpikir kreatif dan mengembangkan sikap bertanggung jawab, antara lain memotivasi siswa untuk mengerjakan tugas yang diberikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Pada kegiatan kokurikuler, diindikasikan dengan kedisiplinan guru dalam ketepatan waktu ketika memulai dan mengakhiri kegiatan kokurikuler. Para guru mengajarkan pada para siswa dengan memberi contoh tentang etika pada para siswanya dengan bertutur kata yang sopan dan santun. Guru juga memotivasi siswa untuk berpikir kreatif dan belajar bertanggung jawab. Pada kegiatan ekstrakurikuler, disiplin ditunjukkan para guru dengan hadir di sekolah tepat waktu dan mengenakan pakaian yang rapi dan sopan. Para guru juga bertanggung jawab memberikan contoh etika pada siswanya dan mematuhi peraturan yang berlaku. Guru juga bertanggung jawab untuk terus memberikan contoh yang baik pada siswa-siswanya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Patut dicontoh, kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 19 Feb 2014 06:15 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27762 |
Actions (login required)
View Item |