Nur’aini, Ita Tri and , Drs. Muhroji, S. E., M. Si., M. Pd. (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Strategi Pembelajaran Point-Counterpoint Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri Ngebung 1 Kalijambe Sragen Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (838kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (188kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (938kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui strategi pembelajaran point-counterpoint kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia SD Negeri Ngebung 1 Kalijambe Sragen tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Ngebung. Jumlah peserta didik adalah 13 siswa yang terdiri dari 8 peserta didik putri dan 5 peserta didik putra. Obyek penelitian adalah strategi point-counterpoint dan keterampilan berbicara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan keterampilan berbicara yang dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas dan prosentase ketuntasan pada setiap siklus. Pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata kelas 57,84 dengan prosentase ketuntasan sebesar 46,15%, siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 64,31 dengan prosentase ketuntasan sebesar 53,85%, siklus I pertemuan kedua nilai ratarata kelas 70,15 dengan prosentase ketuntasan sebesar 69,23%, siklus II pertemuan pertama nilai rata-rata kelas 76 dengan prosentase ketuntasan sebesar 76,92%, siklus II pertemuan kedua nilai rata-rata kelas 81,54 dengan prosentase ketuntasan sebesar 84,62%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran point counterpoint dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Ngebung 1 tahun 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | point-counterpoint,keterampilan berbicara, bahasa Indonesia. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 18 Feb 2014 08:45 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27736 |
Actions (login required)
View Item |