Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014

PERWITASARI , Lina Adi (2013) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (660kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V di SD N 03 kebak, Kebakkramat, Karangnyar. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan regresi sederhana. Sumber data penelitian yaitu semua siswa kelas V SD N 03 Kebak, Kebakkramat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa yang merupakan populasinya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji prasyarat analisis. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh : Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung (23,557) > ttabel (2,048), hal ini menunjukan kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajran 2013/2014. Analisis uji F diperoleh bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 19,646 > 4,24 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, maka secara bersama-sama kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan emosional, Prestasi belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 13 Feb 2014 12:11
Last Modified: 13 Feb 2014 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27714

Actions (login required)

View Item View Item