PERWITASARI , Lina Adi (2013) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS Di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (660kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (559kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V di SD N 03 kebak, Kebakkramat, Karangnyar. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantatif dengan regresi sederhana. Sumber data penelitian yaitu semua siswa kelas V SD N 03 Kebak, Kebakkramat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas V yang berjumlah 28 siswa yang merupakan populasinya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan angket, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan reliabilitas serta uji prasyarat analisis. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh : Hasil analisis uji t diperoleh nilai thitung (23,557) > ttabel (2,048), hal ini menunjukan kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajran 2013/2014. Analisis uji F diperoleh bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 19,646 > 4,24 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, maka secara bersama-sama kecerdasan emosional mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 03 Kebak, Kebakkramat, Karanganyar Tahun Ajran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional, Prestasi belajar IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 12:11 |
Last Modified: | 13 Feb 2014 12:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27714 |
Actions (login required)
View Item |