Listriana, Kurnia and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Quantum Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar IPA Pada Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
![]()
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (659kB) |
|
![]()
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (181kB) |
|
![]() |
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
|
![]() |
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
![]() |
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
|
![]()
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
![]()
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (391kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategi Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas III MI Muhammadiyah Blagung, Simo, Boyolali yang berjumlah 28 siswa.Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar wawancara, dan RPP. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan strategi pembelajaran QuantumTeaching dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada setiap siklus. Sebelum tindakan (pra siklus) jumlah siswa yang aktif dalam pembelajaran IPA adalah 11 siswa (40%), siklus I jumlah keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 20 siswa (72%), Siklus II keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 25 siswa (87%). Penelitian ini memberi kesimpulan bahwa penerapan strategi Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA siswa kelas III MI Muhammadiyah Blagung Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan belajar, Strategi Quantum Teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 09:51 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 02:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |