Nurjanah, Ervina Wahyu and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Pengaruh Strategi Pembelajaran Manurawa Sampok Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Aksara Jawa Pada Siswa Kelas IV SD N Sidomulyo Ampel Boyolali Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Skripsi_Ervina_-HALAMAN_DEPAN.pdf Download (694kB) |
|
|
PDF (Bab I)
Skripsi_Ervina_-_BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
Skripsi_Ervina_-_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
||
PDF (Bab III)
Skripsi_Ervina_-_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab IV)
Skripsi_Ervina_-_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
PDF (Bab V)
Skripsi_Ervina_-_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Skripsi_Ervina_-_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
Skripsi_Ervina_-_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (489kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada minat belajar aksara Jawa. (2) Mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada hasil belajar aksara Jawa di kelas IV SD N 2 Sidomulyo dan SD N 3 Sidomulyo, Ampel, Boyolali. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen, dengan subyek siswa kelas IV SD N 2 Sidomulyo sebagai kelas kontrol dengan dan siswa kelas IV SD N 3 Sidomulyo sebagai kelas eksperimen. Perlakuan masing-masing 6 jam pelajaran dengan pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol dan strategi pembelajaran Manurawa Sampok untuk kelas eksperimen. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji keseimbangan dan uji normalitas. Hasil analisis data dengan taraf sigifikansi 5% diperoleh: t hitung untuk minat dan hasil sebesar - 2,040 dan t tabel -2,011 jadi t hitung < t tabel. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Manurawa Sampok berpengaruh pada minat dan hasil belajar aksara Jawa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran Manurawa Sampok, minat belajar aksara Jawa, hasil belajar aksara Jawa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2014 06:25 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27696 |
Actions (login required)
View Item |