Pengembangan Kemampuan Kreatifitas Melalui Media Mewarnai Gambar Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Metuk, Mojosongo, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Mulyaningrum, Endang and , Dr. Anam Sutopo, S.Pd, M.HUM (2013) Pengembangan Kemampuan Kreatifitas Melalui Media Mewarnai Gambar Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi I Metuk, Mojosongo, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
PDF_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (954kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
PDF_BAB_I__.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
PDF_BAB_II__.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
PDF_BAB_III__.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] PDF (Bab V)
PDF_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran_ku.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (315kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa dengan penggunaan media mewarnai gambar itu dapat meningkatkan kreativitas anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah kelompok A anak didik di TK Pertiwi I Metuk Mojosongo Boyolali, yang berjumlah 14 anak didik, dengan rincian anak laki – laki sejumlah 9 orang dan anak perempuan sejumlah 5 orang.dan rentang usia berkisar antara 5 -6 tahun. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, penilaian unjuk kerja, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diperiksa dengan trianggulasi data data dianalisis dengan analisis komperatif dan kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas pada anak melalui media alat peraga mewarnai gambar dapat meningkat. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kreativitas pada anak, kondisi awal atau prasiklus 50% dan pasca siklus I meningkat menjadi 70,71% dan kondisi pasca siklus II meningkat menjadi 85,71%. Dapat disimpulkan bahwa melalui media alat peraga mewarnai gambar dapat meningkatkan kreativitas mewarnai gambar pada anak kelompok A di Pertiwi I Metuk Mojosongo Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas mewarnai, media pembelajaran mewarnai gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2014 11:10
Last Modified: 01 Nov 2021 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27685

Actions (login required)

View Item View Item