Studi Komparasi Strategi Think Pair Share (TPS) Dan The Power Of Two (Tpt) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakartatahun 2013/2014

Utami, Magfiriani and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Studi Komparasi Strategi Think Pair Share (TPS) Dan The Power Of Two (Tpt) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakartatahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
04._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh strategi Think Pair Share (TPS) danThe Power of Two (TPT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta pada mata pelajaran IPS tahun 2013/2014 (2) manakah yang lebih besar pengaruhnya antara strategi Think Pair Share (TPS) atauThe Power of Two (TPT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta pada mata pelajaran IPS tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasipenelitianiniadalahsemua siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta tahun 2013/2014 yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V-A yang dikenai strategi The Power of Two (TPT) dan kelas V-B yang dikenai strategi Think Pair Share (TPS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal post-tes yang sebelumnya telah diuji menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Untuk uji prasyarat analisis digunakan uji keseimbangan dan uji normalitas. Dengan dipenuhinya sifat normalitas dan seimbang maka selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: thitung>ttabel, yaitu 2,339> 2,005 dengan rata-rata hasil belajar IPS kelas V-A lebih besar dibandingkan kelas V-B, yaitu 72,5>69,8. Jadi dapat disimpulkan (1) terdapat perbedaan pengaruh strategi Think Pair Share (TPS) danThe Power of Two (TPT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta pada mata pelajaran IPS tahun 2013/2014 (2)strategi The Power of Two (TPT) lebih besar pengaruhnya dari strategi Think Pair Share (TPS)terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Muhammadiyah 10 Tipes Surakarta pada mata pelajaran IPS tahun 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think pair share, the power of two, hasilbelajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2014 09:01
Last Modified: 19 Oct 2021 00:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27681

Actions (login required)

View Item View Item