Mutsana, Fatimah Umi (2013) Implementasi Pendidikan Tauhid Usia Sekolah Dasar Kelas I SDIT Ar-Risalah Kartasura Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (230kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (770kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implementasi pendidikan tauhid usia sekolah dasar kelas 1 di SDIT Ar-Risalah Karasura. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dilakukan dengan melakukan pengamatan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di empat kelas parallel yaitu kelas 1A, 1B, 1C, dan 1D. Wawancara untuk menghimpun data dilakukan dengan Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Aqidah Akhlak dan beberapa Siswa Kelas 1. Data diperoleh melalui dokumentasi administrasi pembelajaran dari Guru Aqidah Akhlak. Metode pengumpulan data dengan menggunkan deskriptif kualitatif sehingga dapat menjelaskan hasil penelitian, bahwa muatan pendidikan tauhid kelas I di SDIT Ar- Risalah Kartasura terangkum dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak yang disusun bersandarkan pada aqidah salafusshalih, yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah. Penerapan pembelajaran dan evaluasi pendidikan tauhid di kelas I dilakukang dengan berbagai metode. Pembelajaran dilakukan dengan variasi metode gambar visual, dan kisah shiroh (sejarah), meskipun metode ceramah masih mendominasi di kelas 1. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan metode tes dan nontes, dan telah sesuai dengan standar penilaian pada sebuah lembaga pendidikan. Standar penilaian berdasarkan pada ketercapaian dari indikator yang telah dirumuskan, mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotor
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi; Pendidikan; Tauhid; SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2014 06:54 |
Last Modified: | 13 Feb 2014 06:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27670 |
Actions (login required)
View Item |