Studi Komparasi Antara Metode Polamatika Dengan Metode Algoritma Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv SD Muhammadiyah 3 Nusukan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta I Surakarta Tahun 2013/2014

Sholekhati, Cahyani and , Drs. Muhammad Yahya, M.Si (2013) Studi Komparasi Antara Metode Polamatika Dengan Metode Algoritma Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Iv SD Muhammadiyah 3 Nusukan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta I Surakarta Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
PDF_Halaman_Depanx.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
PDF_BAB_Ix.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
PDF_BAB_IIx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
PDF_BAB_IIIx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab IV)
PDF_BAB_IVx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab V)
PDF_BAB_Vx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
PDF_Daftar_Pustakax.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
PDF_Lampiranx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
PDF_NASKAH_PUBLIKASIx.pdf

Download (383kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan penggunaan metode polamatika dengan metode algoritma terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta tahun 2013/2014, (2) metode mana yang lebih baik antara polamatika dan algoritma terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas IV sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data adalah uji t, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, uji reabilitas dan uji normalitas. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan antara penggunaan metode polamatika dengan metode algoritma terhadap hasil belajar matematika kelas IV SD Muhammadiyah 3 Nusukan Surakarta. Hasil uji t thitung > ttabel yaitu 2,0939 > 2,012. Rata-rata nilai hasil belajar matematika metode polamatika adalah 89,83 dan rata-rata nilai hasil belajar metode algoritma adalah 82,25. Jadi, metode polamatika lebih baik dibandingkan metode algoritma.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Polamatika, Metode algoritma , Hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2014 06:38
Last Modified: 03 Nov 2021 14:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27669

Actions (login required)

View Item View Item