Pengelolaan Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Firdausy Sukoharjo

Setiyadi, Setiyadi and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd and , Drs. DJalal Fuadi, M.M. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Firdausy Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (584kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Penyelenggaraan PAUD berfungsi membina, menumbuhkan, dan mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak pada usia dini secara optimal sehingga terbentuk perilaku dan kemampuan dasar sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kesiapan penyelenggaraan atau strategi perencanaan pembelajaran (2) karakteristik interaktif pelaksanaan pembelajaran, (3) bentuk evaluasi pembelajaran pendidikan di PAUD Firdausy Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. dan teknik pengumpulan data (1) wawancara mendalam, (2) observasi, (3) pencatatan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan beberapa tahap (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan membercheck. Hasil dari penelitian menyimpulkan (1) Kesiapan penyelenggaraan atau strategi perencanaan pembelajaran pendidikan di PAUD Firdausy Sukoharjo sudah sesuai dengan Acuan Menu Pembelajaran pada kelompok bermain. (2) Karakteristik interaktif pelaksanaan pembelajaran pendidikan di PAUD Firdausy Sukoharjo terbagi menjadi delapan sentra dan dalam proses pembelajarannya mengacu pada prinsip belajar sambil bermain, (3) Bentuk evaluasi pembelajaran pendidikan di PAUD Firdausy Sukoharjo sudah mengacu pada Acuan Menu Pembelajaran Generik. Kegiatan evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan terdiri dari tiga kegiatan, yaitu melalui pengamatan, catatan anekdot dan portofolio.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: evaluasi;PAUD;pelaksanaan;perencanaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 11:43
Last Modified: 27 Oct 2021 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27660

Actions (login required)

View Item View Item