Upaya Mengembangkan Kreativitas Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak Mardisiwi Kelompok A Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Hisniasari, Marita and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum (2013) Upaya Mengembangkan Kreativitas Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak Mardisiwi Kelompok A Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (336kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (267kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kreativitas pada anak didik Kelompok A TK Mardisiwi Boyolali dengan menggunakan metode bercerita menggunakan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan enam kali pertemua. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik. Kelompok A TK Mardisiwi Boyolali tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 22 anak terdiri dari 7 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan komparatif. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas anak pada kondisi awal prosentase rata -rata kemampuan kreativitas anak sebesar 42,7% siklus I sebesar 51,2% dan pada siklus II meningkat 81,4%. Dengan demikian penggunaan metode bercerita menggunakan media gambar dapat mengembangkan kreativitas anak didik Kelompok A TK Mardisiwi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan kreativits, metode bercerita dengan gambar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 11:16
Last Modified: 01 Nov 2021 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27658

Actions (login required)

View Item View Item