Hisniasari, Marita and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum (2013) Upaya Mengembangkan Kreativitas Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Pada Anak Taman Kanak-Kanak Mardisiwi Kelompok A Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (336kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB__I.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB__II.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB__III.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB__IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (155kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB__V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (7kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (267kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan kreativitas pada anak didik Kelompok A TK Mardisiwi Boyolali dengan menggunakan metode bercerita menggunakan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan enam kali pertemua. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik. Kelompok A TK Mardisiwi Boyolali tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 22 anak terdiri dari 7 anak perempuan dan 15 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan komparatif. Sedangkan validitas data yang digunakan adalah triangulasi dan analisisnya dengan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil tindakan siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan selama penelitian, menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas anak pada kondisi awal prosentase rata -rata kemampuan kreativitas anak sebesar 42,7% siklus I sebesar 51,2% dan pada siklus II meningkat 81,4%. Dengan demikian penggunaan metode bercerita menggunakan media gambar dapat mengembangkan kreativitas anak didik Kelompok A TK Mardisiwi Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan kreativits, metode bercerita dengan gambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 11:16 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27658 |
Actions (login required)
View Item |