Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari – Pemalang

Mazida, Rizka and , Drs. Harso Daryanto, M.Pd (2013) Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari – Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (996kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai moral agama anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari–Pemalang melalui metode bernyanyi. Penelitian diawali dengan kegiatan prasiklus dan selanjutnya penelitian tindakan kelas (PTK) dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing) dan refleksi (reflecting). Jumlah siswa kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari – Pemalang sebanyak 25 anak, terdiri dari 14 siswa dan 11 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan diskusi. Teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase kemampuan belajar nilai moral agama siswa pada masing-masing siklus, yakni siklus I sebesar 70,66%; siklus II sebesar 89,34%; dan siklus III sebesar 100%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan pemahaman nilai moral agama anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari–Pemalang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai moral agama, metode bernyanyi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 07:09
Last Modified: 26 Oct 2021 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27638

Actions (login required)

View Item View Item