Mazida, Rizka and , Drs. Harso Daryanto, M.Pd (2013) Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bernyanyi Pada Kelompok B Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari – Pemalang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (996kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (122kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (792kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (385kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman nilai moral agama anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari–Pemalang melalui metode bernyanyi. Penelitian diawali dengan kegiatan prasiklus dan selanjutnya penelitian tindakan kelas (PTK) dalam tiga siklus. Setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengumpulan data (observing) dan refleksi (reflecting). Jumlah siswa kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari – Pemalang sebanyak 25 anak, terdiri dari 14 siswa dan 11 siswi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan diskusi. Teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis dengan cara menghitung persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase kemampuan belajar nilai moral agama siswa pada masing-masing siklus, yakni siklus I sebesar 70,66%; siklus II sebesar 89,34%; dan siklus III sebesar 100%. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui metode bernyanyi dapat meningkatkan pemahaman nilai moral agama anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kendalsari–Pemalang.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai moral agama, metode bernyanyi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 07:09 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27638 |
Actions (login required)
View Item |