Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perkembangan Kecerdasan Naturalis Anak Di TK A PAUD Saymara Sukoharjo

Palupi, Ratih Tiyas and , Aryati Prasetyarini, M.Pd. (2013) Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perkembangan Kecerdasan Naturalis Anak Di TK A PAUD Saymara Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4_Rev.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap perkembangan kecerdasan naturalis anak kelompok A di TK PAUD Saymara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yaitu penggunaan pretest sebelum diberi perlakuan dan pengukuran kecerdasan naturalis pada posttest (setelah perlakuan). Subjek dalam penelitian ini adalah anak–anak TK kelompok A di PAUD Saymara Kartasura Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 orang anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji beda t test. Pengerjaan menggunakan program komputer SPSS for Windows versi 15.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari pembelajaran metode proyek terhadap kecerdasan naturalis pada anak kelompok A di PAUD Saymara Tahun Pelajaran 2013/2014. Terbukti dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 12,239 > 2,101 diterima pada taraf signifikansi 5%. Nilai rata-rata kecerdasan naturalis anak setelah eksperimen mencapai 35,263, lebih tinggi dibandingkan sebelum eksperimen yang hanya mencapai 25,579. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran metode proyek berpengaruh terhadap peningkatan kecerdasan naturalis pada anak TK

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Naturalis, Metode Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2014 06:52
Last Modified: 26 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27637

Actions (login required)

View Item View Item