Sitarini, Wulan Nur and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2014) Studi Komparasi Penggunaan Metode Pembelajaran Hypnoteaching Dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL)Terhadap Hasil Belajar Matematikapada Siswa Kelas V SD N Duyungan 2 Dan Sdn Duyungan 3, Sidoharjo, Sragen Tahun 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf Download (866kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (236kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (566kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (787kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan penerapan penggunaan metode pembelajaran Hypnoteaching dengan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). (2) Metode pembelajaran Hypnoteaching lebih baik daripada model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) ditinjau dari hasil belajar matematika di kelas V SD N Duyungan 2 dan SD N Duyungan 3 Sidoharjo, Sragen. Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N Duyungan 2 dan SD N Duyungan 3, Sidoharjo, Sragen. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dokumentasi dan observasi. Instrumen diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Sedangkan uji prasyarat analisis untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak menggunakan uji normalitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil uji t yaitu thitung > ttabel, yaitu 5,45 > 2,002. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan penerapan penggunaan antara metode pembelajaran Hypnoteaching dengan model pembelajarann Contextual Teaching Learning (CTL) ditinjau dari hasil belajar matematika di kelas V SD N Duyungan 2 dan SD N Duyungan 3 Sidoharjo, Sragen. Rata-rata nilai hasil belajar matematika metode pembelajaran Hypnoteaching adalah 86,88 dan nilai rata-rata nilai hasil belajar model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) adalah 63,09. Jadi metode pembelajaran Hypnoteaching lebih baik dibandingkan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran hypnoteaching, model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 06:31 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 00:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27636 |
Actions (login required)
View Item |