Zulkifli, Muhammad Azis Anwar and , Dra. Risminawati, M.Pd (2014) Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Physical Self Assessment Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Ngembatpadas Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_halaman_awal.pdf Download (4MB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf Download (172kB) |
|
PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (277kB) |
||
PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (541kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_daftar_pustaka.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
09_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan strategi pembelajaran Physical Self Assessment. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Ngembatpadas, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalah deskriptif kualitatif dengan analisis intraktif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Tumbuhan Hijau. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang menunjukkan peningkatan minat belajar yang tercermin dalam pasrtisipasi aktif dalam pembelajaran prosentase pada prasiklus 33.65%, pada siklus I 55.77%, siklus II 84.63%. Minat belajar dalam memberikan perhatian pada pembelajaran dari prosentase prasiklus 35.58%, siklus I 58.65%, dan siklus II 91.35%. Minat belajar dalam ketertarikan terhadap proses pembelajaran dari prosentase prasiklus 31.73%, siklus I 57.70%, dan siklus II 88.46%. Minat belajar yang tercermin dalam rajin dalam belajar dari prosentase prasiklus 30.77%, siklus I 53.85%, dan siklus II 86.54%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan proses pembelajaran sebelum tindakan sebesar 42.31% siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 53.69% pada siklus I, dan di akhir tindakan siswa yang tuntas dalam pembelajaran meningkat menjadi 96.15%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Physical Self Assessment dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 1 Ngembatpadas, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen tahun ajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Hasil, Belajar, Physical Self Assessment |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Feb 2014 06:12 |
Last Modified: | 14 Sep 2016 12:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27635 |
Actions (login required)
View Item |