Analisis Penanda Kohesi Dan Koherensi Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VIII MTs Al-Hidayah Genegadal Toroh Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013

Asrina, Lifatati and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Analisis Penanda Kohesi Dan Koherensi Pada Karangan Narasi Siswa Kelas VIII MTs Al-Hidayah Genegadal Toroh Grobogan Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan bentuk penanda kohesi pada karangan narasi siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Grobogan (2) mendeskripsikan penggunaan bentuk penanda koherensi pada karangan narasi siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Grobogan. Objek penelitian ini adalah karangan narasi siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Grobogan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa kata-kata yang termasuk dalam penanda bentuk kohesi dan koherensi pada karangan narasi siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Grobogan. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen, yaitu hasil karya karangan narasi siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Grobogan. Jenis penelitian ini adalah penelitian linguistik yang menekankan pada analisis wacana terhadap karangan narasi siswa. Wacana berisi kalimat-kalimat yang berkaitan dan membentuk satu kesatuan informasi. Penelitian linguistik pada umumnya termasuk penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak yaitu untuk menyimak karangan narasi siswa kelas VIII MTs Al-Hidayah Genengadal Toroh Grobogan selanjutnya metode simak ini diikuti teknik catat. Penelitian ini juga menggunakan teknik catat yaitu mencatat hal-hal yang relevan dan yang dianggap penting untuk dimasukkan ke dalam penelitian dari penggunaan bahasa yang digunakan secara tertulis. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa, Pada penanda kohesi yang sering muncul yaitu sebagai berikut. Sinonimi ditemukan 19 data, konjungsi ditemukan 16 data, referensi ditemukan 5 data, subtitusi ditemukan 6 data, dan ellipsis ditemukan 3 data. Pada penanda koherensi yang sering muncul yaitu sebagai berikut. Hubungan sebab-akibat ditemukan 8 data, hubungan alasasebab ditemukan 21 data, hubungan aditif waktu ditemukan 31 data, hubungan sarana-hasil ditemukan 8 data, dan hubungan generik-spesifik ditemukan 1 data. Pada keseluruhan aspek kohesi dan koherensi hasil yang di dapat pada tiap karangannya yaitu sebagai berikut. Pada KN 1 kohesi dan koheren, pada KN 2 kohesi dan koheren, pada KN 3 kohesi dan koheren, KN 4 kohesi tapi tidak koheren, KN 5 kohesi tapi tidak koheren, KN 6 kohesi dan koheren, KN 7 kohesi tapi tidak koheren, KN 8 tidak kohesi tidak koheren, KN 9 kohesi dan koheren, KN 10 kohesi dan koheren.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: analisis, kohesi, koherensi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Feb 2014 07:49
Last Modified: 27 Oct 2021 07:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27633

Actions (login required)

View Item View Item