Hubungan Antara Intensitas Menonton Tayangan Kekerasan Di Televisi Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sd N Trangsan 03

Pratama, Pungky and , Drs. Zahrotul uyun, M. Si, Psi (2013) Hubungan Antara Intensitas Menonton Tayangan Kekerasan Di Televisi Dengan Perilaku Agresi Pada Siswa Sd N Trangsan 03. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perilaku agresi di lingkungan pendidikan akhir-akhir ini banyak terjadi di lingkungan sekolah dasar. Salah satu sebabnya yaitu keterpaparan media massa yang menampilkan kekerasan. Siswa yang sering menonton tayangan kekerasan ditelevisi dapat menyebabkan kecenderungan perilaku agresi muncul. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dengan perilaku agresi pada siswa Sekolah Dasar. Mengetahui tingkat intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi pada siswa Sekolah Dasar. Seberapa besar perilaku agresi pada siswa di Sekolah Dasar. Mengetahui sumbangan efektif intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi terhadap perilaku agresi pada siswa Sekolah Dasar. Hipotesis penelitian ada hubungan positif antara intensitas menonton tayangan kekerasan di televise dengan perilaku agresi pada siswa sekolah dasar. Subjek berjumlah 76 dari siswa-siswi kelas 5 dan 6. Metode pengumpulan data menggunakan alat ukur skala intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dan skala perilaku agresi. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil analisis diperoleh data koefisien korelasi (r xy) sebesar 0,468 dengan Signifikansi p = 0,000 (p≤0,01). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dengan perilaku agresi pada siswa sekolah dasar, yang berarti hipotesis diterima. Sumbangan efektif intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi 21,9%, hal ini berarti masih terdapat 78,1% variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku agresi. Variabel perilaku agresi mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 50,25 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 77,5 yang berarti perilaku agresi pada subjek tergolong rendah. Variabel intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi diketahui rerata empirik (RE) sebesar 35,16 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 40 yang berarti tergolong rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Intensitas menonton tayangan kekerasan di televisi dan perilaku agresi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2014 06:31
Last Modified: 27 Oct 2021 03:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27613

Actions (login required)

View Item View Item