Peningkatan Penalaran Dan Komunnikasi Belajar Matematika Dengan Pendekatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede

DEMY’ATI, Shohib bulloh and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Peningkatan Penalaran Dan Komunnikasi Belajar Matematika Dengan Pendekatan HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Karanggede. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (daftar pustaka)
daftar_pustaka.pdf

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penalaran dan komunikasi belajar matematika melalui pendekatan HOTS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Karanggede yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan penalaran dan komunikasi belajar matematika. Hal ini dapat dilihat dari : 1. ada peningkatan penalaran siswa setelah dilakukan penelitian tindakan kelas a) mengajukan dugaan sebelum tindakan 34,61%, diakhir tindakan 80,76%, b) menarik kesimpulan logis sebelum tindakan 30,76%, diakhir tindakan 73,07%, c) membuktikan kesahihan argument sebelum tindakan 26,92%, diakhir tindakan 76,92%. 2. ada peningkatan komunikasi belajar matematika siswa setelah dilakukan penelitian tindakan kelas a) menuliskan masalah sehari-hari dalam bentuk model matematika sebelum tindakan 30,76%, diakhir tindakan 80,92%, b) menuliskan konsep matematika yang mendasari jawaban sebelum tindakan 38,46%, diakhir tindakan 76.92%, c) menuliskan hubungan antara obyek dan konsep matematika sebelum tindakan 34,61%, diakhir tindakan 73,07% . Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Pendekatan HOTS dapat meningkatkan penalaran dan komunikasi belajar matematika dalam pembelajaran bangun datar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penalaran, koneksi belajar, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2014 11:15
Last Modified: 02 Nov 2021 23:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27610

Actions (login required)

View Item View Item