Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Metode Reorganisasi Barrett Taxonomy Pada Siswa Kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Anggraini, Nurul and , Prof. Dr. Markhamah, M.Hum. and , Drs. Agus Budi Wahyudi, M.Hum. (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Intensif Dengan Metode Reorganisasi Barrett Taxonomy Pada Siswa Kelas VIII A MTsN Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (632kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._naskah_publikasi.pdf

Download (839kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memaparkan hasil pembelajaran membaca intensif siswa kelas VIII A MTsN Susukan dengan metode Reorganisasi Barrett Taxonomy tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan, demikian pula dengan Siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTsN Susukan yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Reorganisasi Barrett Taxonomy menunjukkan peningkatan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari pemerolehan nilai rata-rata siswa mulai dari prasiklus hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas pada tahap prasiklus sebesar 59,19 dan mengalami peningkatan sebesar 3,5% menjadi 62,64 pada tahap siklus I. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat sebesar 10,2% menjadi 72,79. Keaktifan siswa meningkat dari 46, 6% pada siklus I menjadi 76,6% atau 23 orang dan perhatian siswa terhadap proses pembelajaran meningkat dari 40% pada siklus I menjadi 66,6%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa metode Reorganisasi Barrett Taxonomy mampu meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran membaca intensif. Penggunaan metode Reorganisasi Barrett Taxonomy akan lebih baik bila dilakukan beberapa kali untuk mempermudah pemahaman siswa dalam sebuah teks.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: membaca intensif, penelitian tindakan kelas, Reorganisasi Barrett Taxonomy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 08 Feb 2014 06:10
Last Modified: 18 Oct 2021 04:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27595

Actions (login required)

View Item View Item