Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Dadu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mintobasuki 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013/2014

Wirastomo, Adi Rizky and , Dra. Risminawati, M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Dadu Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Mintobasuki 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASPUB_FIX.pdf

Download (303kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02._BAB_I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
03._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (Bab III)
04._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] PDF (Bab IV)
05._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB)
[img] PDF (Bab V)
06._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Lampiran)
08._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi Numbered Head Together (NHT) dengan media dadu pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Mintobasuki 02 Gabus Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas ). Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas IV SD Negeri Mintobasuki 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2013/2014. Siswa kelas IV berjumlah 30 siswa, terdiri dari 17 putra dan 13 putri. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang meliputi reduksi data,paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang meliputi 5 aspek indikator keaktifan belajar, yaitu : keaktifan mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan guru pada pra siklus 50,00%, kemudian 66,66% pada siklus I, meningkat menjadi 90,00% pada siklus II. Indikator Perhatian siswa pada saat penyampaian materi pada pra siklus 33,33% kemudian menjadi 56,66% pada siklus I, meningkat menjadi 86,66% pada siklus II. Indikator keaktifan siswa dalam berkerjasama dalam kelompok 26,66% pada pra siklus kemudian meningkat menjadi 56,66% pada siklus I, meningkat menjadi 93,33% pada siklus II. Indikator keaktifan siswa dalam bertanya pra siklus 30,00% meningkat menjadi 50,00% pada siklus I, meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Indikator keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan pra siklus 23,33% kemudian menjadi 46,66% pada siklus I, meningkat menjadi 80,00% pada siklus II. Peningkatan keaktifan belajar siswa juga berdampak pada hasil belajar siswa yaitu dalam peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dimana ketuntasan pada pra tindakan hanya 12 siswa (40,00%), pada tindakan siklus ke I meningkat menjadi 14 siswa (46,66%), dan pada tindakan siklus ke II meningkat menjadi 26 siswa (86,66%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi Numbered Head Together (NHT) dengan media dadu dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa kelas IV SD Negeri Mintobasuki 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan belajar, Strategi Numbered Head Together (NHT), dadu.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 07 Feb 2014 13:07
Last Modified: 03 Nov 2021 07:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27593

Actions (login required)

View Item View Item