Persepsi Mahasiswa Semester VII PGSD Tentang Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL)Oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UMS Tahun Akademik 2013/2014

Ariyanto, Wahyu Doko and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Persepsi Mahasiswa Semester VII PGSD Tentang Pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL)Oleh Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UMS Tahun Akademik 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
09_naskah_publikasi.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan PPL mahasiswa PGSD FKIP UMS dan persepsi mahasiswa PGSD terhadap PPL. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah mahasiswa, koordinator guru pamong, dan dosen pembimbing lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa yang telah mengikuti PPL, koordinator guru pamong, dan dosen pembimbing lapangan. Observasi dilakukan kepada 60 mahasiswa untuk mengetahui persepsi mahasiswa semester VII PGSD FKIP UMS tentang PPL tahun 2013. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Triangulasi yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dan sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di sekolah dengan mutu baik, sedang, dan biasa menunjukkan bahwa sejumlah 35 atau 58,33% mahasiswa menyatakan yeng perlu diperbaiki adalah dari segi waktu pendaftaran. Sejumlah 50 atau 83,33% mahasiswa menyatakan bahwa di sekolah mitra belum mempunyai laboratorium IPA dan matematika sebagai sarana pembelajaran. Sebanyak 60 atau 100% mahasiswa menyatakan bahwa kinerja koordinator guru pamong sudah bagus dalam melaksanakan tugas. Sejumlah 21 atau 31% mahasiswa menyatakan bahwa guru pamong masih menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional atau kurang dapat mengaktifkan siswa. Sebanyak 40 atau 66,67% mahasiswa menyatakan bahwa kinerja dosen pembimbing lapangan perlu ada perbaikan terutama membimbing mahasiswa dalam menyusun program kerja dan menyususn laporan akhir PPL. Sejumlah 41 atau 68,33% mahasiswa menyatakan bahwa diwajibkan memberikan kenangkenangan kepada sekolah mitra. Sejumlah 57 atau 95% mahasiswa menyatakan bahwa mahasiswa PPL PGSD diwajibkan untuk melaksanakan ujian praktik mengajar. Disimpulkan bahwa adanya kerjasama yang baik antara pihak penyelenggara PPL, mahasiswa, dosen pembimbing lapangan, dan koordinator guru pamong dapat memperlancar pelaksanaan kegiatan PPL.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Mahasiswa, PPL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 07 Feb 2014 12:16
Last Modified: 19 Oct 2021 00:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27590

Actions (login required)

View Item View Item