Istiyono, Ivo and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Teknik Otomotif Berbasis Kontekstual Dengan Metode Inquiry Di SMK N 4 Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (328kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (3MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (36kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (162MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran Teknik Otomotif berbasis kontekstual di SMK N 4 Kendal, (2) pelaksanaan pembelajaran Teknik Otomotif berbasis kontekstual di SMK N 4 Kendal, dan (3) sistem evaluasi pembelajaran Teknik Otomotif berbasis kontekstual di SMK N 4 Kendal. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan desain etnografi. Subjek utama penelitian adalah guru, kepala sekolah dan siswa. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran teknik otomotif di SMKN 4 Kendal dilakukan di awal tahun ajaran. Guru mata pelajaran teknik otomotif mempersiapkan program tahunan, program semester (promes), silabus, serta RPP. Guru mata pelajaran teknik otomotif bermusyawarah dengan MGMP kabupaten untuk persiapan pembelajaran dan mencari solusi permasalahan. Guru mempersiapkan media pembelajaran, kelas serta menentukan tempat magang. (2) Pelaksanakan Pembelajaran teknik otomotif di SMKN 4 Kendal dilaksanakan dengan menggunakan metode Contexstual Teaching and Learning (CTL). Guru masuk kelas sesuai jadwal pembelajaran yang telah ditentukan baik di kelas/tempat magang. Guru mata pelajaran guru memulai menerangkan materi tentang measuring tools. Siswa mempraktekkan secara langsung materi Penggunakan measuring tools. Siswa menanyakan secara langsung kepada guru jika menemui berbagi kendala mengenai materi pembelajaran alat ukur (measuring tools). Guru memberikan penjelasan kepada siswa jika ada siswa yang masih menemui kesulitan dalam memahamai measuring tools. (3) system penilaian pembelajaran teknik otomotif di SMKN 4 Kendal dilakukan oleh guru untuk mengetahui hasil belajar siswa dan proses pembelajaran teknik otomotif. Evaluasi pembelajaran teknik otomotif dilakukan dalam bentuk tertulis dan praktik. Evaluasi tertulis dilakukan secara individual dengan soal yang sesuai dengan materi yang sudah diberikan pada waktu pembelajaran. Evaluasi praktik dilakukan secara individual dan juga kelompok. Evaluasi kelompok dilakukan pada saat praktek dengan fokus penilaian pada aspek psikomotorik tentang measurring tools. Sistem penilaian untuk penilaian praktik menggunakan kriteria yaitu kurang, sedang, baik dan baik sekali. Evaluasi program dilakukan dengan meminta laporan kinerja masing-masing kelompok dan juga menerima saran dan kritik dari pihak yang dijadikan tempat magang. Laporan kinerja masingmasing kelompok akan digunakan sebagai pertimbangan untuk melakukan program pembelajaran pada pertemuan/semester berikutnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan, Teknik Otomotif, Pembelajaran Kontekstual. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 05 Feb 2014 13:08 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27552 |
Actions (login required)
View Item |