Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran Tari Denok (Studi Situs di SMA Negeri 12 Semarang)

Dewi, Susi Chandra and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Drs. Maryadi, M.A. (2013) Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran Tari Denok (Studi Situs di SMA Negeri 12 Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (424kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftara Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Konteks dipilihnya tari denok, (2) penyiapan kurikulum tari Denok di SMA Negeri 12 Semarang. (3) tenaga pendidik tari Denok di SMA Negeri 12 Semarang. (4) Mendeskripisikan pelaksanaan pembelajaran tari Denok di SMA Negeri 12 Semarang. (5) evaluasi kurikulum tari Denok di SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 12 Semarang. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan conformability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penyiapan konteks tari Denik di SMA Negeri 12 Semarang. Guru menentukan materi pembelajaran berdasarkan konteks (daerah Semarang) dengan menunjukkan tari Denok sebagai pilihan utamanya karena tari Denok mengandung unsur ciri khas Semarang. (2) Penyiapan kurikulum tari Denok di SMA Negeri 12 Semarang diawali dengan menyiapkan KTSP dalam mata pelajaran seni budaya dan keterampilan yang memuat standar kompetensi mengekspresikan diri melalui karya seni tari dengan kompetensi dasar menampilkan seni tari berpasangan atau kelompok berdasarkan tari nusantara daerah Jawa Tengah (tari Denok). (3) Tenaga pendidik tari Denok di SMA Negeri 12 Semarang. Sekolah menyiapkan tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan dan selalu berusaha meningkatkan kompetensinya melalui peningkatan pengembangan diri (Pendidikan S1, S2, S3, Workshop, dan lain sebagainya). (4) Pelaksanaan pembelajaran tari Denok di di SMA Negeri 12 Semarang. Pelaksanaan pembelajaran tari Denok sesuai dengan pengaturan jadwal di sekolah. Tari Denok masuk dalam intrakurikuler dengan alokasi waktu 2 jam, selebihnya dimantapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler. (5) Evaluasi pembelajaran tari Denok di SMA Negeri 12 Semarang. Evaluasi pembelajaran tari Denok dilakukan dalam bentuk ujian tertulis dan praktek.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, kurikulum, pembelajaran, penyiapan, tenga pengjar, pelaksanaan dan evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 05 Feb 2014 12:58
Last Modified: 27 Oct 2021 07:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27551

Actions (login required)

View Item View Item