Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta Tahun 2012/2013

Sugiyarti, Sugiyarti and , Drs. Zaenal Abidin, M. Pd and , Dr. Imron Rosyadi M.Ag (2013) Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Kelas III Sekolah Dasar Islam Terpadu Ar-Risalah Surakarta Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Setiap orang tua pasti menginginkan munculnya generasi muda sebagai generasi yang mampu melanjutkan estafet perjuangan bagi kehidupan selanjutnya. Dan orang tua sadar bahwa hal ini dapat tercapai hanya dengan pendidikan. Pada beberapa tahun terakhir ini ada kecenderungan , orang tua sangat memperhatikan pendidikan putra putrinya. Orang tua nampak mulai memahami, pentingnya pendidikan yang bernuansa Islami, orang tua banyak yang memasukkan anaknya ke Sekolah Dasar Islami Terpadu yang tentunya memiliki muatan pelajaran keagamaan yang lebih banyak dibandingkan sekolah dasar lainnya. Orang tua mengharapkan dengan muatan pelajaran keagamaan yang lebih akan memberikan dasar kepada pembinaan mental relegius anak dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin mengglobal dan transparan. Keberadaan SDIT Ar Risalah Surakarta merupakan salah satu solusi untuk menjawab permasalahan di atas. Hal ini karena SDIT Ar Risalah Surakarta memiliki perpaduan antara kurikulum Diknas dan Depag dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan beberapa kenyataan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan, “Bagaimana proses pelaksanaan pendidikan agama Islam, serta hasil yang didapatkan dari pembelajaran PAI SDIT Ar Risalah Surakarta?” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui secara jelas tentang proses pelaksanaan PAI, dan untuk mengetahui hasil pembelajaran PAI di SDIT Ar Risalah Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Manfaat penelitian adalah menjadi bahan masukan dalam rangka memajukan proses pendidikan PAI serta menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan yang luas bagi peneliti tentang pelaksanaan proses PAI di SDIT Ar Risalah Surakarta. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Analisis data menggunakan metode pentahapan secara berurutan dan interaksiones. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa pelaksanaan PAI di SDIT Ar Risalah Surakarta tahun ajaran 2012/ 2013 sudah berlangsung dengan baik dan efektif . Sedangkan hasil pembelajaran PAI SDIT Ar Risalah Surakarta sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam, Sekolah Dasar Islami Terpadu
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Feb 2014 07:39
Last Modified: 29 Oct 2021 14:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27533

Actions (login required)

View Item View Item