Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Pada Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi (Pengembangan Pada Sekolah Dasar di Kota Wonogiri)

Purwaningsih, Nita and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2013) Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Pada Sekolah Dasar Penyelenggara Pendidikan Inklusi (Pengembangan Pada Sekolah Dasar di Kota Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
Artikel_publikasi_ilmiah.pdf

Download (990kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Cover_Tesis,_dll.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (472kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (474kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran matematika kontekstual pada sekolah inklusi. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui: pembelajaran matematika yang terjadi pada sekola dasar inklusi, desain dan implementasi pengembangan pembelajaran matematika kontekstual yang sesuai diterapkan pada sekolah dasar inklusi. Metode Penelitian menggunakan Research and Development. Peneliti melaksanakan dua tahapan proses penelitian dan pengembangan: (1) studi pendahuluan meliputi studi literatur, studi lapangan, dan penyusunan draf awal produk, (2) uji coba terbatas dan uji coba coba lebih luas. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD di Kota Wonogiri. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi partisipan, studi literatur, dokumentasi, dan tes. Keabsahan data dengan pengamatan berulang pada pembelajaran matematika kontekstual; diskusi terfokus dengan guru, kepala sekolah dan guru pendamping ABK; triangulasi dengan guru dan kepala sekolah dan guru pendamping ABK untuk menjamin keabsahan data uji coba luas Hasil penelitian, Berkaitan proses pembelajaran yang terjadi selama ini di keempat sekolah Dasar : sekolah inklusi tidak memiliki fasilitas belajar khusus bagi ABK, sekolah tidak memiliki guru berkualifikasi pengajar ABK, guru menggunakan metode ceramah, guru mendominasi kegiatan pembelajaran, siswa pasif selama proses belajar, tidak ada bimbingan khusus bagi ABK. Desain pembelajaran matematika kontekstual terdiri dari RPP, implementasi dan penilaian autentik matematika kontekstual. Guru mengimplementasikan pembelajaran matematika kontekstual secara sistematis. Evaluasi proses melalui unjuk kerja dan sikap afektif menunjukkan peningkatan selama uji coba terbatas maupun uji coba luas. Pembelajaran Matematika Kontekstual dengan PBL lebih efektif dari pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL); sekolah inklusi, kebutuhan khusus
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2014 12:35
Last Modified: 27 Oct 2021 05:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27515

Actions (login required)

View Item View Item