Ridho, Rosyid (2013) Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di KB “Cerdas” Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (604kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (6MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (39kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (128MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Perencanaan pembelajaran PAUD di KB Cerdas Sukorejo Kendal, (2) Pelaksanaan pembelajaran (3) Penilaian pembelajarannya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di KB Cerdas Sukorejo Kendal. Subjek utama penelitian adalah ketua pengelola, pendidik, dan anak didik. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari : pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, dan trianggulasi. Hasil Penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran di KB Cerdas sukorejo dilakukan dengan mengembangkan program-program kegiatan selama setahun melalui Perencanaan semester, rencana kegiatan mingguan (RKM) dan rencana kegiatan harian (RKH), dengan memperhatikan tingkat perkembangan, kebutuhan, minat, dan karakteristik anak, serta aspek-aspek perkembangan yaitu nilai-nilai agama dan moral, kognitif, motorik, bahasa dan sosial-emosional. (2) Pelaksanaan pembelajaran di KB Cerdas Sukorejo di mulai dengan a) happy morning, b) kegiatan pembiasaan, c) transisi, d) pijakan lingkungan, e) pijakan sebelum main, f) pijakan saat main, g) pijakan sesudah main, h) pengenalan sholat dan i) penutup. Pelaksanaan pembelajarannya mengacu pada prinsip belajar sambil bermain dengan pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT), metode tanya jawab, dan bermain peran. (3) Penilaian pembelajaran dilakukan dengan obsevasi setiap saat tidak hanya pada saat anak-anak bermain di sentra, tetapi mulai dari happy morning, selama kegiatan belajar mengajar berlangsung sampai pembelajaran selesai melalui unjuk kerja, penugasan kepada anak, dengan indikator tingkat pencapaian perkembangan yang mencakup lima aspek perkembangan anak didik. Teknik penilaian pembelajaran di KB Cerdas melalui pengamatan, anekdot dan portofolio.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 27 Jan 2014 11:59 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 04:40 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27497 |
Actions (login required)
View Item |