Angindari, Dyah and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum (2013) Pengembangan Kemampuan Daya Pikir Melalui Pembelajaran Bermain Musik Pada Anak Kelompok B Di TK PGRI 1 Bangsalan Teras Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (740kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (484kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan daya pikir anak melalui pembelajaran bermain musik pada anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan Teras Kabupaten Boyolali Tahun 2013. Penelitian ini melalui tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak TK PGRI I Bangsalan Kelompok B yang terdiri dari 18 anak yaitu 8 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sumber data berasal dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Analisis data menggunakan model analisis kualitatif dengan model interaktif. Hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan dalam dua siklus dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan daya pikir anak melalui pembelajaran bermain musik anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan. Hal ini dapat dilihat dari nilai tuntas terjadi peningkatan yaitu pada tes awal sebesar 38,89% atau sebanyak 7 anak; siklus I 77,78% atau sebanyak 14 anak; dan pada siklus II 94,44% atau sebanyak 17 anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa upaya meningkatkan daya pikir anak melalui bermain musik pada anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan Teras Boyolali. Anak yang berhasil bermain music dengan baik mendapatkan nilai yang sesuai dengan kriteria penilaian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bermain music dapat meningkatkan percaya diri, kerjasama, keaktifan dan tangung jawab anak kelompok B TK PGRI I Bangsalan Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran bermain musik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 12:33 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27481 |
Actions (login required)
View Item |