Ardiana, Vita and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. AUD (2013) Upaya Mengembangkan Nilai Moral Agama Melalui Bercerita Pada Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (458kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (503kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan nilai moral agama melalui bercerita melalui penerapan media buku cerita pada anak kelompok A pada TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014 jenis penelitian ini tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus ada 3 kali pertemuan. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A pada TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten yang terdiri dari 20 anak laki-laki dan 16 anak perempuan, instrument yang dilakukan adalah lembar observasi, data hasil observasi dianalisis secara diskriptif, kualitatif. Hasil penelitian prasiklus menunjukkan bahwa kemampuan bercerita anak tergolong rendah. Prosentase pencapaian hanya 43 % saja, setelah diadakannya tindakan melalui penerapan pada siklus I, prosentase ketuntasan siswa pada siklus I meningkat dari 43 % menjadi 68 %, demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada siklus II semakin berkembang dalam ketuntasan menjadi 82 %. Berdasarkan hasil data penelitian tindakan ini hipotesis yang menyatakan metode bercerita dapat mengembangkan nilai moral agama di Taman Kanak-Kanak pada kelompok A pada TK Pertiwi Jelobo I Wonosari Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Terbukti diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bercerita, Nilai Agama, Moral |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 24 Jan 2014 11:46 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 06:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27470 |
Actions (login required)
View Item |