Pelatihan Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Keramahan Pelayanan Pada Karyawan

Megawati, Novita Indria and , Susatya Yuwono, M. Si. (2013) Pelatihan Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Keramahan Pelayanan Pada Karyawan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (163kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh pelayanan prima terhadap peningkatan keramahan pelayanan karyawan. Hipotesis yang diajukan Pelatihan pelayanan prima dapat meningkatkan keramahan pelayanan pada karyawan. Subjek pelatihan adalah karyawan administrasi dan staf tata usaha FKIP UMS sebanyak 13 orang. Model penelitian eksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan quota sampling. Pengumpulan data menggunakan skala keramahan pelayanan sedangkan modul pelatihan yang digunakan yaitu pelatihan pelayanan prima dengan aspek membangun citra positif, mengenal karakter pelanggan, dan mempertahankan citra positif secara konsisten. Metode analisis data menggunakanteknik paired sample t-test dan wilcoxon test. Kesimpulan penelitian sebagai berikut (1) Nilai uji t = -11.597; p = 0,000(p < 0,01) menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan keramahan pelayanan antara pretest dengan posttest. Adapun analisis non parametrik wilcoxon diperoleh nilai Z = -8.069; Sig (p) = 0,000 (p < 0,01), dengan nilai negatif ranks = 15 dan mean rank = 18.67, nilai positif ranks 91 dan mean rank = 59,24. (2) Nilai uji t = -10.488; p = 0,000 (p < 0,01) menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan keramahan pelayanan antara pretest dengan Follow up.Analisis wilcoxon diperoleh nilai Z = -7.663; Sig (p) = 0,000 (p < 0,01), nilai negatif ranks = 16 dan mean rank =37.09, nilai positif ranks 99 dan mean rank = 61,38. (3) Nilai uji t = -0.609; p = 0,544 (p > 0,05), menunjukka n tidak ada perbedaan keramahan pelayanan posttest dengan Follow up. Analisis wilcoxon diperoleh nilai Z = -1.591; Sig (p) = 0,112 (p > 0,05), nilai negatif ranks = 41 dan mean rank =51.66, nilai positif ranks 60 dan mean rank = 50,55.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: keramahan p elayanan, pelatihan pelayanan prima
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 20 Jan 2014 13:09
Last Modified: 26 Oct 2021 02:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27440

Actions (login required)

View Item View Item