Pengelolaan Pembelajaran Kelompok Belajar Paket B Setara SMP Di PKBM Bina Loka Cepiring Kendal

Rokiban, Rokiban and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengelolaan Pembelajaran Kelompok Belajar Paket B Setara SMP Di PKBM Bina Loka Cepiring Kendal. Thesis thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daf. Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) strategi memberi motivasi bagi warga belajar Paket B setara SMP di PKBM Bina Loka Cepiring Kendal, (2) strategi pembelajaran bagi kelompok belajar Paket B setara SMP di PKBM Bina Loka Cepiring Kendal, (3) evaluasi dalam pembelajaran bagi warga belajar Paket B setara SMP di PKBM Bina Loka Cepiring Kendal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan kejar Paket B Setara SMP di PKBM Bina Loka Cepiring Kendal. Subjek utama penelitian adalah Ketua PKBM, pendidik, dan warga belajar. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) Pengumpulan Data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian ini adalah (1). Dalam memberi motivasi pada pengelolaan pembelajaran Kejar Paket B pendidik menggunakan strategi pendidik kunjung, menambah jam pelajaran dan memberikan pelatihan ketrampilan. Penyampaian motivasi melalui media pembelajaran, perilaku tauladan dan kisah-kisah inspiratif. Pemberian motivasi yang tepat adalah pada saat pembelajaran. Dengan diberikan motivasi kepada warga belajar minat warga belajar untuk hadir dalam pembelajaran diatas 75%. (2) Strategi pembelajaran pada Pengelolaan Pembelajaran Kejar Paket B pendidik menggunakan pendekatan dalam pembelajaran dan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran. Strategi pembelajaran yang dilakukan dengan tutor sebaya dan media pembelajaran. Strategi pembelajaran dengan menggunakan diskusi kelompok serta menyimpulkan hasil diskusi. (3) Evaluasi pembelajaran pada Pengelolaan Pembelajaran Kejar Paket B pendidik menyusun kisi-kisi soal, menentukan indikator dan membuat soal. Evaluasi pembelajaran dengan menyiapkan perangkat pembelajaran, menganalisa hasil ulangan, memberikan soal latihan, dan memberikan pengayaan kepada warga belajar. Teknik evaluasi yang digunakan adalah teknik evaluasi kelompok didasarkan pada jarak dan tempat tinggal warga belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motivasi, strategi, evaluasi, pembelajaran, pengelolaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Jan 2014 13:00
Last Modified: 27 Oct 2021 03:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27426

Actions (login required)

View Item View Item